konten 1
konten 2
konten 3

Kamis, 04 Desember 2014

Beberapa Pengertian Fonetik



Beberapa pengertian fonetik
1.      Fonetik atau fonetika adalah bagian ilmu linguistik yang mempelajari bunyi yang di produksi oleh manusia. ( http://id.wikipedia.org/wiki/fonetik )
2.      Fonetik adalah bagian fonologi yang mempelajari cara menghasilkan bunyi bahasa atau bagaimana suatu bunyi bahasa di produksi oleh alat ucap manusia.
3.      Fonetik adalah cabang studi fonologi yang mempelajari bunyi bahasa tanpa memperhatikan apakah bunti-bunyi tersebut mempunyai fungsisebagai pembeda makna atau tidak. (Chaer,1994:102).
4.      Fonetik adalah ilmu yang menyelidiki dan menganalisa bunyi-bunyi ujaran yang di pakai dalam tutur, serta mempelajari bagaimana menghasilkan bunyi-bunyi tersebut dengan alat ucap manusia. (Keraf,1984:30).
5.      Fonetik adalah ilmu yang menyelidiki penghasilan, penyampaian, dan penerimaan bunyi bahasa; ilmu interdisipliner linguistik dengan fisika, anatomi,dan psikologi. (Kridalaksana, 1995:56).
6.      Fonetik adalah ilmu cabang studi fonologi yang menyelidiki, mempelajari, dan menganalisis penghasilan, penyampaian, dan penerimaan bunyi-bunyi ujaran/bahasa yang di pakai dalam tutur tanpa memperhatikan fungsinya sebagai pembeda makna/arti, yang melibatkan analisis ilmu fisika, anatomi dan psikologi. ( http://terang filleswordpress.com)

v  Perbandingannya adalah
1.      Hanya membahas bunyi yang di hasilkan oleh alat ucap manusia.
2.      Sama dengan pendapat pertama namun di tambah dengan mempelajari cara  manusia menghasikan bunyi.
3.      Sama dengan pendapat pertama, di lanjutkan dengan tanpa  memperhatikan bunyi tersebut sebagai pembeda arti.
4.      Pendapat Keraf intinya sama dengan pendapat nomor dua
5.      Lebih mempelajari bunyi bahasa secara mendalam, karena tidak hanya bagaimana bunyi itu di hasilkan namun juga bagaimana bunyi itu di terima oleh pendengar.
6.      Sama dengan pendapat nomor lima, namun di perdalam dengan tanpa memperhatikan fungsinya sebagai pembeda makna.

v  Penilaiannya :
Menurut saya pendapat yang paling sesuai dan tepat adalah pendapat nomor enam. Karena di situ membahas dan mempelajari bunyi bahasa secara keseluruhan, tidak hanya bagaimana bunyi bahasa di hasikan dan di terima oleh pendengar. Namun juga memperhatikan fungsinya bunyi bahasa yang tanpa memperhatikan maknanya sebagai pembeda arti.

v  Kesimpulannya adalah fonetik adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana bunyi bahasa di hasilkan, di terima oleh pendengar dan juga bunyi bahasa yang tanpa memperhatikan fungsinya sebagai pembeda arti.

1 komentar: