konten 1
konten 2
konten 3

Kamis, 04 Desember 2014

Sastra Lama Bercorak Kebangsaan






BAB 1

PENDAHULUAN



1.1. Latar Belakang


Di era modern ini kebanyakan orang hanya tertarik dengan karya-karya sastra modern . Mereka lebih suka mempelajari karya sastra modern tanpa mengetahui sejarah sastra lama yang lebih dulu muncul sebelum karya sastra modern berkembang . Mereka bahkan tidak tahu beberapa pengaruh dalam karya sastra, salah satunya adalah karya sastra lama yang bercorak kebangsaan . Yang berkembang di masa lampau dan mengandung nilai-nilai kebudayaan atau kebangsaan.Oleh karena itu, dalam hal ini kita akan memberi pengetahuan tentang pengertian sejarah sastra lama, ciri-cirinya,proses perkembangannya dan beberapa contohnya.Karena mempelajari sejarah sastra lama sangat penting bagi kita, terutama sejarah sastra lama yang sudah hampir punah karena kebanyakan orang lebih suka mempelajari karya sastra modern.


1.2. Rumusan Masalah


1. Apa pengertian dari karya sastra lama yang bercorak kebangsaan ?
2. Bagaimana ciri ciri karya sastra lama yang bercorak kebangsaan ?
3. Apa saja contoh karya sastra lama yang bercorak kebangsaan ?
4. Mengapa karya sastra tersebut termasuk karya sastra lama yang bercorak kebangsaan ?


1.3. Tujuan Penulisan


  1. Untuk mengetahui pengertian dari karya sastra lama yang bercorak kebangsaan .
  2. Untuk mengetahui ciri ciri karya sastra lama yang bercorak kebangsaan .
  3. Untuk mengetahui apa saja contoh dari karya sastra lama yang bercorak kebangsaan .
  4. Untuk mengetahui alasan mengapa contoh tersebut termasuk karya sastra lama yang bercorak kebangsaan .






1
BAB 2

PEMBAHASAN



2.1. Pengertian karya sastra lama bercorak kebangsaan

Karya sastra lama bercorak kebangsaan adalah salah satu bentuk sastra prosa, terutama dalam bahasa melayu yang berisikan tentang cerita kerajaan atau istana sentris . Umumnya mengisahkan tentang kehebatan maupun kepahlawanan seseorang lengkap dengan keanehan, kesaktian serta mukjizat tokoh utama.
Sebuah hikayat dibacakan sebagai hiburan, pelipur lara atau untuk membangkitkan semangat juang.

2.2. Ciri ciri karya sastra yang bercorak kebangsaan


1.      Berisi kisah-kisah kehidupan lingkungan istana (istana sentris).
2.      Banyak peristiwa yang berhubungan dengan nilai-nilai Islam.
3.      Nama-nama tokoh dipengaruhi oleh nama-nama Arab.
4.      Ditemukan tokoh dengan karakter di luar batas kewajaran karakter manusia pada umumnya.
5.      Tidak ada pembagian bab atau judul.
6.      Juru cerita tidak pernah di sebutkan secara eksplisit (anonim).
7.      Sulit membedakan peristiwa yang nyata dan peristiwa yang imajinatif.
8.      Banyak menggunakan kosakata yang kini tidak lazim digunakan dalam komunikasi sehari-hari.
9.      Seringkali menggunakan pernyataan yang berulang-ulang.
10.  Peristiwa seringkali tidak logis.
11.  Sulit memahami jalan ceritannya.
12.  Bersifat istana sentris.
13.  Anonim (nama pengarang tidak dicantumkan)
14.  Berkembang secara statis.
15.  Bersifat khayal.
16.  Lisan, karena di sebarkan lewat mulut ke mulut.
17.  Berbahasa klise, meniru bahasa penutur sebelumnya.
18.  Bersifat logis,menggunakan logika sendiri tidak sesuai dengan logika sendiri.
19.  Menceritakan tentang kerajaan.
20.  Kebanyakan berisi penerangan tentang raja-raja. .



2
2.3. Proses perkembangan karya sastra lama yang bercorak kebangsaan

Karya sastra lama yang bercorak kebangsaan mulai muncul sekitar abad 14 sampai 15 .Hikayat muncul dan menonjol pada periode awal . Contohnya seperti Hikayat Pasai dan Hikayat Aceh . Namun , kapan waktu yang pasti tentang kedua hikayat tersebut muncul sampai saat ini belum di temukan .Karya sastra lama yang bercorak kebangsaan telah mengalami suatu proses perkembangan melalui fase-fase. Hal ini merupakan perkembangan dari proses historis .

2.4. Contoh karya sastra bercorak kebangsaan

       Hikayat Hang Tuah

Tersebutlah perkataan Hang Tuah, anak Hang Mahmud, tempat duduknya di Sungai Duyung. Setiap orang yang berada di sana mendengar kabar raja di Bintan berbudi pekerti dan tutur katanya sangat menawan.

Hang Mahmud yang mendengar kabar itu berkata kepada istrinya, Dang Merdu. “Baiklah kita pergi ke Bintan. Kita ini keluarga miskin. Pindah ke Bintan dengan harapan supaya mudah mencari penghidupan yang layak.”

Dang Merdu berkata, “Setuju apa yang dikatakan tadi!”

Maka pada malam itu, Hang Mahmud bermimpi bulan turun dari langit. Cahayanya penuh di atas kepala anaknya, Hang Tuah. Maka Hang Mahmud pun terkejut atas mimpinya tadi. Kemudian, bangun dari tidurnya dan diusapnya Hang Tuah itu sambil menciumnya dengan penuh kasih sayang.

Setelah hari siang, semua mimpi Hang Mahmud diceritakan kepada anak dan istrinya. Setelah mendengar cerita mimpi itu, Dang Mahmud memandikan Hang Tuah. Kemudian, diberinya kain dan baju serba putih. Setelah itu, diberinya makan nasi kunyit dan telur ayam. Tetua yang di sana mendoakan agar Hang Tuah selamat dan dijauhkan dari segala bala. Anak itu kembali dipeluk dan diciumi dengan penuh kasih.

Hang Mahmud berkata kepada istrinya, “Anak kita ini harus dijaga baik-baik. Jangan dibiarkan bermain jauh-jauh dari kita sebab ia sangat nakal. Kita usahakan pindah ke Bintan sebab di sana banyak
guru mengaji.”
“Kalau begitu, kita harus menyiapkan segalanya.”




   

3





Setelah Hang Tuah besar, dia bekerja membantu kedua orang tuanya, mencari kayu bakar. Dia pula yang memotong kayu-kayu itu dengan kapak. Ibunya memerhatikan Hang Tuah yang sedang bekerja sambil duduk-duduk di kedainya.

Apabila Hang Mahmud tiba dari mencari rezeki, Hang Tuah menyambutnya. Jika hendak pergi ke manapun, Hang Tuah selalu minta izin kedua orang tuanya. Dengan begitu, Hang Tuah sudah paham budi pekerti. Pada usianya yang sepuluh tahun, dia sudah pandai bergaul dengan sesamanya. Dia bersahabat dengan Hang Jebat, Hang Kasturi, Hang Lekir, dan Hang Lekiu. Hang Tuah menyayangi sahabatnya itu. Jika bermain dengan mereka ke mana pun, selalu bersama-sama. Begitu pula ketika makan. Mereka seperti saudara kandung.

Pada suatu hari, Hang Tuah berkata kepada sahabatnya, “Hai, saudaraku! Mampukah kita melayarkan sebuah perahu agar kita dapat merantau ke tempat lain untuk mencari makan?”

Hang Jebat dan Hang Kasturi menjawab, “Pakai perahu siapa?”

“Baiklah kalau begitu, aku akan meminjam perahu ayahku.”

Setelah bersepakat, Hang Jebat dan Hang Kasturi pulang untuk menyiapkan perbekalan.

Orang tua mereka masing-masing mengizinkan anak-anaknya merantau.

Setelah perlengkapan disiapkan, Hang Tuah diberi sebilah keris oleh ayahnya. Begitu pula sahabat Hang Tuah lainnya dibekali persenjataan oleh orang tua masing-masing. Mereka berpamitan dan segera berlayar menuju Pulau Tinggi.

Di tengah samudra yang diarungi, mereka melihat perahu lain yang menuju Pulau Tinggi. Rupanya perahu itu adalah perahu musuh. Hang Tuah dan sahabatnya berembuk sambil berkata, “Bagaimana kita menghadapi musuh yang banyak itu?”

Dengan tenang, Hang Tuah berkata lagi, “Hai, saudaraku! Tidak ada jalan lain, kita harus berusaha mempertahankan diri. Kita harus berbuat sesuatu. Tidak mungkin rasanya kita menghadapi musuh dengan kapal yang banyak dan besar.” Hang Tuah membelokkan perahunya menuju pulau itu. Setelah sampai di darat, perahu musuh mendekat pula ke pulau itu. Rombongan dari perahu besar itu memerhatikan kelima anak sebaya itu dan dinilainya baik-bai
k.


4

Dengan senang hati, orang di perahu besar itu ingin menjadikan mereka budaknya. Sambil menanti orang di perahu besar itu sampai ke daratan, Hang Tuah dan sahabatnya berdiri di tepi daratan. Rombongan orang di perahu besar itu hendak menangkap mereka. Namun, Hang Tuah dan sahabatnya waspada sambil memegang senjatanya masing-masing.

Ketika orang itu hendak menangkap mereka, Hang Tuah menikam orang itu. Paha orang itu terluka parah. Hang Jebat juga menghadang musuh lainnya dengan senjatanya. Akan tetapi, musuh lainnya menghujani Hang Tuah dan kawan-kawannya dengan senjata sumpit.

Semua orang di perahu besar itu berteriak, “Bunuhlah budak-budak celaka ini. Jangan dikasihani!”

Salah seorang di kapal besar itu melarang membunuh anak-anak itu sambil berkata, “Hai, budak-budak! Lebih baik menyerah daripada kami bunuh.”

Hang Jebat malah menjawab, “Cuih, kami tidak sudi menuruti keinginanmu!” Hang Jebat dan sahabat lainnya kembali menyerang orang itu dengan senjatanya.

“Keterlaluan budak-budak ini. Bunuhlah budakbudak celaka ini!” seru orang di kapal besar sambil menghujani Hang Tuah dan sahabatnya dengan senjata sumpit.

Hang Tuah siaga dengan keris terhunusnya. Begitu pula sahabat lainnya bersiap dengan senjatanya. Mereka balas menyerang dan berhasil melumpuhkan beberapa orang. Orang di perahu besar itu merasa kalah dan pergi meninggalkan pulau itu.

Setelah musuh itu lari, Hang Tuah dan sahabatnya merampas salah satu perahu musuh. Hang Tuah kemudian berlayar menuju Singapura. Musuh yang melarikan diri itu melaporkan kejadian tersebut kepada penghulunya. Di perahu besar, penghulu itu merasa terhina dan marah besar. Dari kapal besar itu, sang penghulu melihat perahu yang dikemudikan Hang Tuah berlayar menuju Singapura. Maka penghulu musuh itu pun berdiri di tiang besar sambil berkata, “Segeralah kita berlayar dan hadanglah perahu Hang Tuah itu.”










5


2.5. Alasan mengapa cerita Hang Tuah merupakan contoh karya sastra lama yang bercorak kebangsaan.
 
       Hikayat Hang Tuah termasuk karya sastra lama yang bercorak kebangsaan karena di dalamnya mengandung unsur kerajaan atau istana sentris.Hikayat tersebut juga berisi tentang kehebatan dan kepahlawanan Hang Tuah yang berhasil mengalahkan musuhnya,yang mendapat pengaruh Jawa, Hindu dan Islam.Dalam menghadapi musuh Hang Tuah menggunakan senjata yang berupa keris yang memiliki kekuatan magis.Sehingga selain mengandung unsur-unsur kebudayaan juga mengandung unsur adat-istiadat.

































6






BAB 3

PENUTUP


3.1. Simpulan

Karya satra lama yang bercorak kebangsaan adalah karya sastra yang menceritakan tentang kerajaan atau istana sentris dan berhubungan dengan kehebatan atau kepahlawanan seseorang.Termasuk hasil kesusastraan lama bercorak kebangsaan adalah Hikayat Hang Tuah, yang berisi petualangan dan kepahlawanan Hang Tuah yang mendapatpengaruh dari Jawa, Hindu, dan Islam.
Adapun cirinya adalah berisi kehidupan kerajaan atau istana sentris dan kebanyakan berisi penerangan tentang raja-raja.

3.2. Saran
·         Untuk para pembaca diharapkan mempelajari sejarah sastra lama yang bercorak kebangsaan agar dapat mengetahui perkembangan sejarah sastra lama.
·         Para pembaca diharapkan mampu memahami hasil kesusastraan lama yang bercorak kebangsaan.
·         Pembaca di harapkan mengetahui beberapa contoh karya sastra lama yang bercorak kebangsaan.















7

Daftar Pustaka


1.      Agusbwaceh.blogspot.com
2.      Jualbeliforum.com
3.      Yadi82.com
4.      Usman,Zuber.1963.Kesusastraan Lama Indonesia.Jakarta:Gunung Agung.





































8
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar