konten 1
konten 2
konten 3

Kamis, 04 Desember 2014

Definisi dan Tujuan Membaca dalam Hati









BAB I PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang
Dewasa ini banyak sekali hal-hal baru yang muncul dalam kehidupan masyarakat. Munculnya hal-hal baru dalam kehidupan, menyebabkan meningkatnya keingin tahuan masyarakat. Keingin tahuan masyarakat terhadap hal-hal yang baru memicu masyarakat untuk mencari tahu lebih lanjut. Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu adalah dengan membaca. Kegiatan membaca mereka lakukan agar mereka dapat mengetahui dan memahami hal-hal baru tersebut.
Dalam kegiatan membaca terdapat beberapa teknik membaca. Salah satu teknik tersebut adalah dengan membaca dalam hati.
1.2     Rumusan Masalah
1.2.1   Apakan definisi membaca dalam hati?
1.2.2   Apakah tujuan dilakukannya membaca dalam hati?
1.3     Tujuan Penulisan
Tujuan ditulisnya makalah ini adalah untuk mengetahui lebih dalam tentang pengertian dan tujuan membaca dalam hati.

1.4     Manfaat Penulisan
Dengan adanya makalah ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi yang membaca makalah ini. Manfaat yang diharapkan adalah lebih memahami pengertian dan tujuan yang terdapat dalam kegiatan membaca dalam hati.























BAB II PEMBAHASAN
2.1     Definisi Membaca dalam Hati
Membaca dalam hati adalah cara atau teknik membaca tanpa suara. Jenis membaca ini perlu ditekankan kepada pemahaman isi bacaan. Ada pula pengertian membaca dalam hati menurut para ahli. Menurut Aminuddin, membaca dalam hati adalah kegiatan membaca yang berusaha memahami keseluruhan isi bacaan secara mendalam sambil menghubungkan isi bacaan itu dengan pengalaman maupun pengetahuan yang dimiliki pembaca tanpa diikuti gerakan lisan maupun suara. Selain itu ada pula pendapat membaca dalam hati dari Robin, menurutnya secara luas membaca dalam hati merupakan proses intelektual yang kompleks yang mencakup kemampuan utama yaitu penguasaan makna dan kemampuan berpikir tentang konsep verbal.
2.2     Definisi Membaca dalam Hati Menurut Kelompok
Menurut kelompok kami definisi membaca dalam hati adalah teknik atau cara membaca tanpa suara yang membutuhkan konsntrasi untuk memahami isi dan makna bacaan secara lebih dalam.



2.3     Tujuan Membaca dalam Hati
Tujuan utama membaca dalam hati adalah untuk memperoleh informasi. Namun, adapula tujuan membaca dalam hati menurut para ahli sebagai berikut
a.    Berkonsentrasi fisik dan mental
b.    Membaca secepat-cepatnya
c.    Memahami isi
d.   Menghayati isi
e.    Mengungkapkan kembali isi bacaan
2.4     Manfaat Membaca dalam Hati
Setelah kita mengetahui tujuannya maka kita akan mengetahui manfaat yang diperoleh dari membaca dalam hati. Manfaat membaca dalam hati adalah agar kita lebih fokus, agar materi yang ada lebih mudah masuk ke dalam otak, dan agar tidak mengganggu konsentrasi orang lain.
















BAB III PENUTUP
3.1     Simpulan
Membaca dalam hati adalah teknik atau cara membaca tanpa suara yang membutuhkan konsntrasi untuk memahami isi dan makna bacaan secara lebih dalam. Sedangkan tujuan membaca dalam hati secara umum adalah untuk memperoleh informasi. Dan biasanya membaca dalam hati digunakan untuk menghayati, memahami, dan mengungkap kembali isi bacaan.
3.2     Saran
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah tetaplah membaca untuk memcapai kehidupan yang lebih baik dan teruslah berkarya untuk masa depan yang lebih baik pula.












Daftar Pustaka

Aminuddin. 2010. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Jakarta: Badan Standar Nasional
Hariyadi. 2012. Dasar-dasar Membaca. Semarang: UNNES
















Lampiran
Proses diskusi dan  tanya jawab
Termin pertama
1.      Pertanyaan                        : Apa yang dimaksud dengan membaca ekstensif dan intensif? (Henny Dwi)
Jawab                    : Materi membaca ekstensif dan intensif akan dijelaskan oleh kelompok lain.
2.      Pertanyaan                        : Syarat seseorang dapat dikatakan memahami membaca dalam hati? (Indah)
Jawab                    : Seseorang dikatakan memahami membaca dalam hati ketika ia memahami isi dan dapat mengungkapkan kembali isi bacaan.
Termin kedua
1.      Pertanyaan                        : Bagaimana cara agar dapat berkonsentrasi dalam memahami isi bacaan? (Wawan Julianto)
Jawab                    : Tidak menunjuk setiap kata yang ada dibuku, tidak mengulangi kata sebelumnya, dan berkonsentrasi atau memusatkan pikiran kepada bacaan.
2.      Pertanyaan                        : Apakah membaca secepat-cepatnya dapat dikatakan membaca dalam hati? (Resti)
Jawab                    : Membaca secepat-cepatnya tidak akan dikatakan membaca dalam hati jika tidak memahami isi bacaan.

3 komentar:

  1. Saya masih belum puas dengan jawaban dari pertanyaan "Bagaimana cara agar dapat berkonsentrasi dalam memahami isi bacaan?" dari mas Wawan Julianto.
    Blognya bagus sekali. simpel. dan isinya semoga bermanfaat untuk pembaca.

    BalasHapus
  2. isi blognya sangat bermanfaat baik untuk diri sendiri sebagai perpustakaan data pribadi maupun untuk orang banyak sebagai referensi, Hanya, mngkin jika bisa lebih dikelompokan tiap jenis tugasnya akan lebih tertata :)

    BalasHapus
  3. Strange "water hack" burns 2 lbs overnight

    Over 160,000 women and men are utilizing a simple and secret "water hack" to lose 1-2lbs each night in their sleep.

    It is very simple and it works on anybody.

    Here's how to do it yourself:

    1) Go grab a clear glass and fill it with water half glass

    2) And then do this strange hack

    you'll be 1-2lbs thinner the next day!

    BalasHapus