konten 1
konten 2
konten 3

Kamis, 04 Desember 2014

Definisi dan Tujuan Etika



BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Dewasa ini banyak sekali prilaku-prilaku yang menyimpang dimasyarakat. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang etika yang dimiliki oleh masyarakat. Kurangnya pengetahuan tentang etika membuat sebagian masyarakat bersikap tidak sopan, seenaknya sendiri, dan hal-hal buruk lainnya. Pengetahuan etika dapat diperoleh dari keluarga maupun masyarakat. Pengetahuan tentang etika diperlukan agar  perilaku yang dimiliki oleh setiap individu dimasyarakat tidak menyimpang atau merugikan orang lain.
1.2 Rumusan Masalah
1.2.1 Apakah pengertian etika menurut para ahli?
1.2.2 Apakah pengertian etika menurut kelompok?
1.2.3 Apakah tujuan etika menurut kelompok?
1.2.4 Apakah manfaat etika?      
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui pengertian dan tujuan dari etika secara mendalam.
1.4 Manfaat Penulisan
Dengan adanya makalah ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi  pembaca. Manfaat yang diharapkan adalah lebih memahami pengertian dan tujuan dari etika.





BAB II PEMBAHASAN

2.1 Definisi Etika Menurut Ahli
Berikut ini terdapat beberapa definisi etika yang dikemukakan oleh para ahli. Definisi etika menurut para ahli adalah sebagai berikut.
2.1.1 Menurut Magnis Suseno
Etika adalah sebuah ilmu dan bukan sebuah ajaran yang memberi kita norma tentang bagaimana kita harus hidup dalam moralitas. Moralitas yaitu petunjuk konkret yang siap pakai tentang bagaimana kita harus hidup.
2.1.2 Menurut Maryani dan Ludigdo
Etika merupakan seperangkat aturan, norma atau pedoman yang mengatur perilaku manusia, baik yang harus dilakukan maupun yang harus ditinggalkan yang dianut oleh sekelompok atau segolongan masyarakat atau profesi.
2.1.3 Menurut Ahmad Amin
Etika memiki arti ilmu pengetahuan yang menjelaskan arti baik atau buruk, menerangkan apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia, menyatakan tujuan yang harus dicapai oleh manusia dalam perbuatan dan menunjukkan jalan untuk melakukan apa yang seharusnya diperbuat oleh manusia.
2.1.4 Menurut Soegarda Poerbakawatja
Etika sebagai filsafat nilai, pengetahuan tentang nilai – nilai, ilmu yang mempelajari soal kebaikan dan keburukan di dalam hidup manusia terutama mengenai gerak – gerik pikiran dan rasa yang merupakan pertimbangandan perasaan sampai mengenai tujuan dari bentuk perbuatan.
2.2 Definisi Etika menurut Kelompok
Menurut kelompok kami, etika adalah suatu cabang dari ilmu filsafat yang membahas tentang prilaku manusia mulai dari baik-buruk, benar-salah, tanggung jawab, dan terdapat pula norma-norma di dalamnya.

2.3 Tujuan Etika
Tujuan dari etika adalah seseorang dapat membaedakan baik-buruknya sesuatu, benar-salahnya suatu hal, dapat bertanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan, dan membentuk norma dalam kehidupan beretika.
2.4 Manfaat Etika
Adapula manfaat yang bisa didapatkan dari memahami pegertian dan tujuan etika. Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari memahami pengertian dan tujuan Etika adalah sebagai berikut,
1. Dapat membantu suatu pendirian dalam beragam pandangan dan moral.
2. Dapat membantu membedakan mana yang tidak boleh dirubah dan mana
yang boleh dirubah.
3. Dapat membantu seseorang mampu menentukan pendapat.
4. Dapat menjembatani semua dimensi atau nilai-nilai.















BAB III PENUTUP

3.1    Simpulan
Etika adalah suatu cabang dari ilmu filsafat yang membahas tentang prilaku manusia mulai dari baik-buruk, benar-salah, tanggung jawab, dan terdapat pula norma-norma di dalamnya. Etika memiliki tujuan agar seseorang dapat membaedakan baik-buruknya sesuatu, benar-salahnya suatu hal, dapat bertanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan, dan membentuk norma dalam kehidupan beretika.
3.2    Saran
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah agar kita dapat diterima dimasyarakat kita harus memiliki etika yang baik.














Daftar Pustaka


















Lampiran
1.    Pertanyaan       : Apa yang dimkasud dengan bisa diubah dan tidak bisa diubah? (Heny Dwi)
Jawab              : Maksudnya adalah bila kita memiliki etika yang buruk kita lebih baik mengubahnya sedangkan jika kita sudah memiliki etika yang baik lebih baik kita pertahankan.
2.    Pertanyaan       : Apa yang dimaksud dengan etika adalah sebuah ilmu tapi bukan ajaran? (Resty)
Jawab              : Maksudnya adalah etika adalah sebuah ilmu karena etika adalah sebuah aturan yang ilmunya berasal dari keluarga dan masyarakat.
3.    Pertanyaan       : Apakah etika berdiri sendiri atau bergabunga dengan ilmu filsafah lain? (Himas)
Jawab              : Etika masuk ke dalam ilmu filsafat tetapi etika berdiri sendiri.
4.    Pertanyaan       : Apakah perbedaan etika dengan norma?
Jawab              : Perbedaan etika dengan norma adalah etika merupakan aturan tentang tingkah laku sedangkan norma adalah aturan yang berasal dari kebiasaan yang kadang mengikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar